Ulasan Seputar Fungsi, Komponen, dan Langkah Perawatan Karburator Motor

March 28, 2018
303 views

Karburator motor adalah komponen yang ada pada kendaraan roda dua yang mempunyai banyak fungsi. Karburator sendiri dapat untuk memproses bahan bakar cair yang ada menjadi partikel kecil sehingga nantinya akan dapat memudahkan penguapan. Bagian ini merupakan bagian mesin yang mempunyai bentuk silinder dan mempunyai beberapa fungsi utama yang bisa didapatkan dan diberikan untuk sepeda motor seperti berikut ini:

  • Fungsi pertama dari karburator yang ada pada sepeda motor adalah dapat untuk mengatur udara bahan bakar. Dimana bahan bakar tersebut berada di saluran asap yang akan dilanjutkan karburator ke dalam silinder.
  • Fungsi kedua dari karburator adalah dapat untuk mengatur perbandingan antara bahan bakar dan juga udara. Sehingga hal tersebut akan sangat bermanfaat untuk mengatur beban kecepatan pada motor dan akan lebih nyaman digunakan.
  • Fungsi ketiga dari alat ini adalah dapat untuk mencampurkan bahan bakar dan juga udara dengan lebih merata.

Untuk mendukung berbagai fungsi tersebut, karburator motor ini tentu saja mempunyai berbagai bagian yang ada di dalamnya. Dimana setiap komponen atau bagian karburator tersebut mempunyai fungsi masing-masing yang bisa digunakan untuk mendukung dan melaksanakan fungsi secara umum. Apabila ada salah satu bagian yang tidak bisa digunakan atau rusak, tentu saja hal tersebut akan menghambat kinerja karburator ini sehingga akan sangat disarankan untuk melakukan perawatan sehingga dapat untuk mencegah kerusakan karburator yang mempunyai fungsi penting pada kendaraan. Atau ketika rusak bisa untuk diganti dengan dapat dibeli di toko online dan juga di bengkel. Dan kemudian baru bisa untuk diganti oleh tenaga profesional yaitu montir untuk dapat memasang karburator tersebut dan bisa memberikan fungsi terbaik dan membuat kinerja motor lebih maksimal.

Adapun beberapa jenis bagian karburator yang ada dan fungsi yang ditawarkan adalah:

  • Mangkok karburator mempunyai fungsi dapat untuk menyimpan bahan bakar untuk sementara sebelum akhirnya digunakan.
  • Klep atau jarum pelampung merupakan bagian karburator yang mempunyai fungsi untuk mengatur masuknya bahan bakar yang akan menuju mangkuk karburator.
  • Pelampung adalah bagian yang mempunyai fungsi dapat menjadi pengatur bahan bakar sehingga tetap berada pada mangkuk karburator.
  • Skep atau katup gas merupakan komponen yang dapat untuk mengatur banyaknya gas yang bisa masuk ke bagian silinder.
  • Pemancar jarum adalah bagian yang bisa untuk memancarkan bahan bakar. Sehingga ketika sedang dihidupkan bahan bakar tersebut akan dapat terangkat.
  • Jarum gas adalah bagian yang mempunyai fungsi untuk mengatur besarnya semprotan bahan bakar ketika motor di gas.
  • Pemancar besar merupakan jenis komponen yang dapat untuk memancarkan bahan bakar saat di gas dengan kecepatan tinggi.

Selain itu ada juga beberapa komponen lainnya yang ada pada karburator yaitu pemancar kecil, skrup gas, skrup udara, dan juga ada katup cup. Dimana komponen tersebut akan mendukung agar motor mempunyai fungsi yang maksimal dan nyaman ketika digunakan. Untuk menjaga setiap bagian karburator dapat bekerja dengan maksimal salah satu yang harus diperhatikan dengan merawatnya dengan tepat.

Dimana beberapa tips dan langkah perawatan komponen karburator motor yang tepat adalah sebagai berikut ini:

  • Langkah perawatan pertama dapat untuk memeriksa pada jarak dan juga waktu yang rutin sepeda motor tersebut telah digunakan.
  • Langkah kedua dapat untuk menyetel jarak main pada kabel gas sepeda motor.
  • Langkah ketiga dapat untuk memanaskan mesin terlebih dahulu ketika akan digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan di FacebookBagikan di Google+
IBX5A544D611D8AD