Berbagai Macam Rumus Pembulatan Dan Pengurangan Di Excel

February 15, 2017
223 views

Microsoft Excel merupakan perangkat lunak atau program yang berfungsi mengolah angka atau kalkulasi angka. Microsoft Excel merupakan produk dari Microsoft Corporation yang dapat dioperasikan di Microsoft Windows dan Mac OS. MICROSOFT Excel memiliki fitur dan grafik pembulanan yang populer sampai saat ini.

Strategi marketing dari Microsoft Excel yang agresif membuat perangkat lunak ini menjadi paling banyak digunakan dikalangan komputer micro. Microsoft Excel menjadi semakin menarik karena memili rumus-rumus yang berguna untuk membantu memudahkan kita untuk melakukan aktifitas atau bekerja. Rumus-rumus di Microsoft Excel meliputi, perkalian, penjumlahan, pngurangan, dan pembagian.

Mungkin tidak sedikit orang belum mengerti mengenai rumus pembulatan dan pengurangan di Excel. Tetapi jangan khawatir, disini kita akan bahas mengenai hal tersebut dan dapat kita pelajari.

Rumus Pembulatan Dan Pengurangan Di Excel.

  1. Rumus pembulatan.

Dalam Microsoft Excel sendiri sudah disediakan rumus pembulatan. Tapi mungkin kita masih bingung bagaimana cara mengoperasikannya. Berikut adalah beberapa rumus yang sering digunakan untuk pembulatan angka.

  1. Fungsi rumus ROUND

Fungsi ini digunakan untuk membulatkan angka ke jumlah digit yang digunakan.

Contoh, sel A1 berisi angka 14.565,565 ingin dibulatkan desimalnya menjadi 2 angka, maka rumusnya adalah =ROUND(A1;2) maka hasilnya adalah 14.565,56. Dan seterusnya.

  1. Fungsi rumus ROUNDDOWN

Fungsi dari rumus ini adalah membulatkan angka kebawah, mendekati nol.

Contoh, sel A1 berisi angka 19.999.

Baca Juga  Cara Menjumlahkan di Excel dengan Rumus

Maka rumusnya adalah =ROUNDDOWN(A1;-1) hasilnya menjadi 19.990. dan seterusnya.

  1. Fungsu rumus ROUNDUP

Rumus ini berfungsi sebagai pembulatan angka ke atas atau kebalikan dari rumus ROUNDDOWN.

Contoh, sel A1 berisi 19.675.

Rumusnya adalah =ROUNDUP(A1;-1) maka hasilnya adalah 19.680. dan seterusnya.

  1. Fungsi rumus CEILING

Rumus ini berfungsi untuk mengembalikan angka yang dibulatkan ke atas, menjauh dari nol dan mendekati signifikan terdekat.

Contoh, sel A1 berisi angka 14.543.

Rumusnya adalah =CEILING(A1;10) Maka hasilnya menjadi 14.550. dan seterusnya.

  1. Rumus pengurangan.

Dalam penggunaan rumus pengurangan di Microsoft Excel tidak ada fungsi atau formula khusus untuk melakukan pengurangan. Kenapa demikian? Karena di dalam pengurangan tidak melibatkan begitu banyakk data. Cukup menggunakan operator minus (-) dalam proses atau melakukan pengurangan di dalam Microsoft Excel. Kita ambil cotoh : dalam sel A2 mesukan angka 245, dan dalam sel B2 masukan angka 45. Maka rumusnya adalah =A2-B2 kemudian tekan ENTER maka hasilnya adalah 200.

Rumus pengurangan memang sedikit lebih mudah dari pada rumus pembulatan. Seperti kita ketahui sendiri mungkin masih ingat ketika kita masi duduk dibangku sekolah. Dalam pelajaran matematika, mana yang lebih sulit antara pengurangan dan pembulatan. Jadi tidak heran jika di Microsoft Excel pun lebih mudah antara pengurangan dan pembulatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan di FacebookBagikan di Google+