Cara Membuat File rar Dan zip Dengan Mudah

June 8, 2017
215 views

Sering kita dengar apa itu file rar dan apa itu file zip. Tanpa kita sadari begitu banyak orang di sekitar kita yang sering bertanya, apa sih file rar? Dan apa sih fil zip? Apa perbedaan kedua file tersebut? Bagaimana cara membuat file rar dan zip? Dan apa fungsinya?. Tenang, selow, relax, kita tidak perlu panik menanggapi pertanyaan yang telah dicetuskan oleh orang-orang sekitar. Disini akan kita bahas tentang hal tersebut.

Seiring dengan waktu berjalan, eksperimen demi eksperimen sering bermunculan. Dan media komunikasi pun semakin mantap dan bisa membantu aktifitas kita. Dengan file berformat Rar atau Zip, kita bisa membuat media penyimpanan di pc atau laptop kita menjadi lebih efisien, karena fungsi dari file ini mampu membuat ukuran file yang tadinya besar, menjadi satu file data. Tentu dengan begini kita jadi sedikit terbantu.

  1. File Rar.

File Rar adalah standar file data compression yang diciptakan Eugene Roshal yang diberi nama Roshal Archive atau yang kita kenal sebagai RAR. File extention diakhiri dengan code RAR dan didukung oleh adanya fitur error recovery atau pemulihan kesalahan. Software yang mendukung File Rar adalah WinRar.

  1. File Zip

File Zip merupakan standar file compression yang paling populer dan Phil Katz adalah orang yang mampu membuat file populer tersebut. Nama yang diberikan tadinya berupa PKARC ( Phil Katz Archive ). Tetapi karena terjadinya bentrokan legalitas nama ARC, maka Phil merubah nama dari PKARC menjadi PKZIP, dan code extention akhirnya diberi nama ZIP. Dengan ini ukuran data akan menjadi kecil sehingga pengguna media penyimpanan atau transfer data pun menjadi lebih efisien.

Baca Juga  Membuat Ukuran Kertas F4 Di Microsoft Word

Perbedaan dari File Rar dan File Zip adalah dapat dilihat dari hasil file data compress. Tetapi sistem kerjanya hampir sama. Untuk Zip, mampu compress file data berukuran 2-3 Giga menjadi satu file data. Sedangkan Rar mampu compress file data menjadi 1 file, dengan ukuran tak terbatas. Kemudian compress file data Rar terbilang cukup lama dibandingkan Zip.

Dan Berikut Adalah Cara Membuat File Rar Dan Zip.

  • Kita ambil contoh menggunakan WinRar.
  1. Pastikan kita sudah terinstal dengan aplikasi WinRar.
  2. Jadikan satu folder file-file yang akan kita compress.
  3. Klik kanan pada file kemudian pilih add to archive.
  4. Ubah nama file sesuai nama yang kita inginkan, di dalam kolom archive nama yang terdapat di dalam pilihan general.
  5. Pilih format file, jika yang kita inginkan menjadi format Rar maka pilih Rar pada archive format. Dan jika yang kita inginkan menjadi format Zip, maka pilih Zip pada archive format.
  6. Klik ok.

Dengan cara ini kita akan berhasil membuat file berformat rar atau zip. Dengan aplikasi WinRar kita bisa memberi password pada file Rar. Pilih saja set password dan isi password sesuai keinginan kita. Selain itu fungsi dari winrar juga bisa membagi file menjadi beberapa bagian. Caranya dengan menggunakan fungsi split to volum, size. Lalu pilih ukuran bagian file yang diinginkan. Hasilnya file berubah menjadi part 1 samapai part berikutnya.

Baca Juga  Cara Setting Mikrotik Di Virtualbox Dengan Mudah

Itulah beberapa uraian tentangĀ  cara membuat fil rar dan zip. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan di FacebookBagikan di Google+